Minggu, 06 April 2014

Terbaru! Cara Membuat Blog di Wordpress

cara membuat blog
Cara Membuat Blog - Dengan perkembangan teknologi internet dan perangkat elektronik yang semakin pesat, percepatan sebuah informasi di dunia sudah dalam hitungan kurang dari jentikan sebuah jari. Arus informasi yang semakin deras juga dipicu oleh media sosial, situs-situs web dan tentunya juga blog. Dalam dunia blogging, kumpulan atau jaringan blog sering disebut sebagai blogosphere dan apabila sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar untuk beberapa hal yang sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog. Begitu dasyatnya kekuatan sebuah blog dalam mempengaruhi lalu lintas informasi di dunia saat ini.

Di Indonesia sendiri blog juga berkembang tidak kalah main dengan di luar negeri, bisa dilihat dari jumlah blog berbahasa indonesia di mesin penelusuran google dan tidak sedikit pula orang yang sudah terkenal dari kegiatan ngeblog seperti Raditya Dika (penulis buku), Anne Ahira (internet marketer) dan masih banyak lainnya. Memiliki dan cara membuat blog bukanlah perkara yang sulit, apalagi sekarang sudah banyak situs-situs penyedia blog yang makin memudahkan Kamu untuk membuat blog, beberapa diantaranya seperti wordpress, blogger, blogsome, tumblr dan tidak kalah bagus juga yaitu blogdetik (penyedia blog yang berasal dari indonesia). Selain itu banyak juga tutorial cara membuat blog supaya blog Kamu semakin terlihat menarik dan cepat terkenal di dunia internet.

Beberapa penyedia blog yang disebutkan di atas, wordpress merupakan salah satu penyedia blog yang paling populer digunakan, karena simple (semua plugin dan widget tinggal pasang) selain itu wordpress menyediakan template/themes yang banyak juga beraneka ragam. Nah, bagi Kamu yang ingin membuat blog di wordpress, berikut langkah-langkah cara membuat blog di wordpress.

1. Memiliki email
Sebelum mulai membuat blog di wordpress, Kamu harus memiliki sebuah email. Jika Kamu belum memiliki email, dan ingin membuat email silahkan klik => Cara Membuat Email

2. Daftar Wordpress
Silahkan buka situs wordpress.com, maka akan muncul tampilan halaman seperti gambar di bawah ini, klik "Get Started" untuk memulai mendaftar.

cara membuat blog

cara membuat blog
Pada halaman yang terlihat seperti gambar di atas, silahkan isi kolom e-mail address dengan alamat email Kamu, kolom username dengan nama Kamu di blog, kolom password tentu saja dengan password baru (usahakan password menggunakan kombinasi huruf angka dan simbol), kolom blog address dengan alamat blog yang Kamu inginkan, alamat blog Kamu akan diakhiri domain .wordpress.com.

Pastikan semua kolom yang Kamu isi memperlihatkan tanda "centang", apabila belum memperlihatkan tanda "centang" silahkan Kamu ubah lagi isian kolom yang Kamu buat, mungkin saja nama (username) dan alamat blog (blog address) sudah ada yang menggunakan sebelumnya.

Setelah semua memperlihatkan tanda "centang", scrool ke bawah dan lihat tanda "Create Blog" lalu klik!.

cara membuat blog
Lalu pada halaman berikutnya muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

cara membuat blog
Silahkan ubah dan isi kolom Blog title dengan nama blog yang Kamu inginkan, kolom Tagline boleh diisi dengan deskripsi singkat tentang blog Kamu, kolom Language dengan bahasa apa yang akan Kamu gunakan saat menulis. Lalu klik "Next Step".

cara membuat blog
Pada halaman selanjutnya diperlihatkan beberapa themes (tema/tampilan) blog wordpress untuk Kamu pilih dan Kamu gunakan di blog Kamu, pada tahap ini boleh Kamu abaikan dahulu dengan meng-klik "Next Step".

cara membuat blog
Selanjutnya terlihat halaman untuk meng-kustomisasi theme (tema/tampilan) blog, pada tahap ini boleh Kamu abaikan dahulu dengan meng-klik "Next Step".

cara membuat blog
Lalu muncul halaman menyambungkan blog Kamu dengan media sosial seperti facebook dan twitter, disini Kamu boleh menyambungkan dengan akun media sosial yang Kamu miliki atau boleh Kamu abaikan dengan meng-klik "Next Step".

cara membuat blog
Selanjutnya terlihat halaman untuk membuat tulisan (post), pada tahap ini boleh Kamu abaikan dahulu dengan meng-klik "Next Step".

3. Konfirmasi Email
Setelah Kamu mendaftar dan memulai membuat blog, maka muncul tampilan tampilan halaman seperti gambar di bawah ini.

cara membuat blog
Disitu terlihat bahwa Kamu diminta untuk mengkonfirmasi alamat email yang sudah kamu gunakan saat mendaftar wordpress. Selanjutnya yang perlu Kamu lakukan adalah pergi dan buka email Kamu untuk melihat tautan (link) konfirmasi dari wordpress.

cara membuat blog
Silahkan klik tombol "Confirm Email Address" atau klik tautan (link) URL seperti gambar di atas. Stelah Kamu klik maka muncul tampilan halaman seperti gambar di bawah. Disitu terlihat bahwa email kamu sudah terkonfirmasi. Konfirmasi email sangat penting, karena apabila Kamu belum konfirmasi, Kamu belum bisa menayangkan (publish) tulisan (post).

cara membuat blog
Silahkan klik "Dashboard" untuk mulai membuat blog sepenuhnya dengan berbagai macam pilihan tautan di bagian bilah kiri seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

cara membuat blog
Macam-macam tautan yang ada di bagian bilah kiri ini memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing, Kamu boleh mencoba membukanya satu-satu untuk mengetahui fungsi dan kegunannya. Kali ini, saya akan menjelaskan dua diantaranya yaitu tautan "Posts" dan tautan "Appearence".

4. Memilih Tema (Themes)
Sebelum mulai memilih tema, silahkan arahkan kursor Kamu ke tautan "Appearence" dan klik "Themes".

cara membuat blog

cara membuat blog
Setelah meng-klik "Themes" maka akan akan muncul tampilan halaman dengan pilihan-pilihan tema yang sangat banyak dan bagus-bagus. Tema-tema blog wordpress itu sendiri dibagi menjadi tiga kategori Trending (tema yang sedang nge-tren saat ini), Popular (tema yang sudah banyak digunakan oleh para blogger), Newest (tema terbaru).

cara membuat blog
Apabila Kamu sudah cocok dengan pilihan temanya, Kamu bisa langsung meng-kustomisasi dengan meng-klik tombol "Customize". Namun jika Kamu ingin melihat-lihat tema lainnya dan bagaiman tema itu terlihat, Kamu bisa meng-klik tombol "Preview" dan setelah Kamu memutuskan dan ingin menggunakan tema yang lain Kamu suka, silahkan meng-klik tombol "Active" dan setelah itu Kamu boleh meng-kustomisasi tema blog yang Kamu pilih tadi dengan meng-klik tombol "Customize your site" atau tidak meng-kustomisasi juga boleh.

cara membuat blog

5. Membuat Tulisan/artikel (post)
Setelah memilih tema blog, sekarang saatnya mulai membuat tulisan/artikel (post). Silahkan arahkan kursor ke tautan "Posts" dan klik "Add New".

cara membuat blog
Maka muncul tampilan halaman seperti gambar di bawah ini. Disana terlihat banyak kolom dan tombol-tombol yang memiliki fungsinya masing-masing.

cara membuat blog
Berikut saya jelaskan dengan singkat tombol-tombol pada halaman membuat tulisan/artikel (post) ini.

a. Kotak garis putih
Tautan alamat blog Kamu

b. Kotak garis hijau tua
Kolom untuk judul tulisan/artikel (post) yang akan Kamu buat.

c. Kotak garis hijau muda
Tautan tulisan Kamu, tautan ini bisa Kamu ubah pada bagian (blok kuning) akhir.

d. Kotak garis biru muda
Disana terlihat tombol "Add Media" untuk menambahkan media baik gambar, audio dan video. Ada tombol "Add Poll" untuk membuat semacam voting, pemungutan/pengambilan suara. Dan terakhir ada tombol "Add Contact Form" untuk membuat formulir kontak yang digunakan untuk memudahkan pembaca menghubungi kontak Kamu.

e. Kotak garis orange
Kolom untuk membuat isi seluru tulisan Kamu

f. Kotak garis ungu
Tombol-tombol yang digunkana untuk menunjang dalam pembuatan tulisan.

g. Kotak garis biru tua
Tombol-tombol media sosial yang bisa kamu hubungkan, sehingga ketika tulisan Kamu ditayangkan (publish) otomatis ter-publish juga di media sosial yang kamu hubungkan.

h. Kotak garis kuning
Ada tombol "Preview" untuk melihat bagaimana tulisan kamu tampak kelihatannya.

i. Kotak garis merah
Merupakan tombol yang digunakan untuk menayangkan atau mem-publish tulisan Kamu apabila sudah selesai.

Dan jangan lupa memberikan kategori dan tags pada tulisan Kamu, bisa dilihat gambar dibawah ini.

cara membuat blog
Tentunya setiap tulisan pasti memiliki ciri/jenis/kategori. Sehingga pemberian kategori juga penting selain itu kategori memiliki fungsi memudahkan pembaca untuk memilah jenis tulisan apa saja yang mereka ingin baca. Juga tidak kalah pentingnya pemberian tags pada tulisan untuk memberikan kategori yang lebih spesisik.

Semakin banyak dan konsisten Kamu membuat tulisan, maka semakin populer juga blog yang Kamu buat. Selalu buat tulisan yang menarik, fresh (belum pernah ada sebelumnya) dan jangan Copy Paste mentah-mentah tulisan orang lain, tulisan orang lain cukup sebagai referensi dan jangan lupa cantumkan sumber beserta tautan yang terkait, tunjukkan Kamu adalah blogger yang kreatif dan menghargai tulisan orang lain.

Nah, sekian dulu tutorial cara membuat blog di wordpress. Semoga bermanfaat dan juga berguna, jika ada yang mau ditanyakan seputar cara membuat blog lainnya, silahkan tinggalkan komentar Kamu di kotak komentar di bawah ini yaa... :)

Baca juga: Cara Membuat Blog di Blogger ( Blogspot )
pasang iklan

20 komentar:

  1. Terimakasih artikel cara membuat blognya lengkap sekali

    BalasHapus
  2. Hanya ada satu kesuksesan, yaitu bila kita bisa menjalani kehidupan ini sesuai dengan yang kita inginkan.

    BalasHapus
  3. Website of yours is very nice, and it is also good to read. Anyway a success continue to make you the owner of this blog.
    Obat Pengurang Nafsu Makan

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat sekali caranya :)

    BalasHapus
  5. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    BalasHapus
  6. kalau dari sisi seo..lebih bagus mana blogger dengan wordpress? trims sebelumnya

    BalasHapus
  7. Naahh iya, kalo dari SEO nya, lebih berkualitas mana nih Gan, ko blm di jawab..

    BalasHapus
  8. This was a fantastic article. Really your blog is very interesting.... it contains great and unique information.. I always express my gratitude to you for allowing me to comment Obat Radang Sendi Karena Asam Urat

    BalasHapus